Senin, 02 November 2015

LUKAT GENI



Puri Satria Kawan, Banjar Satria, Dawan, Klungkung punya tradisi unik. Tradisi Lukat (pembersihan diri) Geni (api) merupakan salah satu tradisi yang sudah diwarisi warga Puri secara turun temurun. Kegiatan ini dilakukan pada petang menjelang malam hari. Sehari sebelum hari raya Nyepi. Puluhan muda mudi, remaja, anak-anak hingga orangtua menikmati tradisi mandi bara api dari daun kelapa kering. Mereka meyakini tradisi ini sebagai wujud pembersihan diri selama setahun, semacam buang kotoran atau kesialan dan dilebur dalam bara api.

Para pemuda dan warga berkumpul di Catus Pata Desa Paksebali. Mereka melakukan persiapan setelah sebelumnya melakukan persembahyangan bersama di Merajan Puri Satria Kawan. Beberapa daun kelapa kering yang sudah diikat juga disiapkan. Begitu api dikobarkan dua kubu yang terpisah beradu saling memandikan api ke tubuh lawan.
Ada satu keyakinan yang ditanamkan kepada para peserta yang terlibat dalam lukat geni tersebut, yakni api dari perakpak tersebut tidak akan melukai atau membakar diri peserta. Tetapi akan membersihkan diri para peserta. Diyakini juga percikan api yang menyala dan membakar tubuh peserta tersebut akan membakar atau menghilangkan sifat sifat negatif dalam tubuh. Dan juga akan menetralisir mahluk-mahluk alam bawah agar tidak mengganggu.





Refrensi:
            Isi                    ; balitoursclub.com
                                    infoseputarbali.blogspot.com
            Gambar           ; kulkulbali.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar