Senin, 26 Oktober 2015

PENGERTIAN TRADISI DAN BUDAYA

Secara singkat dan sederhana, pengertian tradisi dan budaya dapat dipaparkan sebagai berikut;
Tradisi berasal dari kata traditium yang dapat berarti segala sesuatu yang diwarisi dari masa lalu. Tradisi merupakan hasil cipta, rasa dan karsa manusia terhadap objek material, kepercayaan, khayalan, kejadian, atau lembaga yang di wariskan dari sesuatu generasi ke generasi. Seperti misalnya adat-istiadat, kesenian dan properti yang digunakan. Sesuatu yang diwariskan tidak berarti harus diterima, dihargai, diasimilasi atau disimpan sampai mati. Bagi para pewaris setiap apa yang mereka warisi tidak dilihat sebagai tradisi. Tradisi yang diterima akan menjadi unsur yang hidup didalam kehidupan para pendukungnya. Ia menjadi bagian dari masa lalu yang di pertahankan sampai sekarang dan mempunyai kedudukan yang sama dengan inovasi- inovasi baru. Tradisi merupakan suatu gambaran sikap dan perilaku manusia yang telah berproses dalam waktu lama dan dilakukan secara turun-temurun dimulai dari nenek moyang. Tradisi yang telah membudaya akan menjadi sumber dalam berakhlak dan berbudi pekerti seseorang. 

Budaya merupakan suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berada budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari. Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosial budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.
Yang merupakan menjadi dasar pembeda antara tradisi dan budaya yaitu, jika tradisi tidak dilaksanakan pada suatu waktu, maka akan terjadi suatu wabah bencana di tempat biasa tradisi tersebut dilaksanakan. Jika budaya belum tentu demikian.




Refrensi:
            Isi                    : wikipedia.id
                                    duniabaca.com
            Gambar           : balimediainfo.com
                                    jagoanmuda.xl.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar